Sunday, November 3, 2013

Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil?


Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil?, Informasi Tentang Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil?, Kali ini sebuah artikel dari Kami yang berjudul Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil?, khusus buat Sahabat netter seluruh dunia, Salam jumpa semoga anda semua dalam keadaan sehat dan selamat datang di blog  saya  anda ingin mengetahui Informasi dan berita serta tulisan artikel tentang Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil?, dari "Java's Group".  Mungkin artikel ini bisa menambah pengetahuan anda, kami  mengambil  bahan kajian dari berbagai sumber dan litelatur , buku-buku, berita,Informasi,tulisan dan pengalaman kami  yang berhubungan dengan Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil? serta inspirasi dari kami sendiri

Konsumsi obat antidepresan oleh bumil selama ini menjadi perdebatan. Sebagian ahli mengatakan, hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat mengakibatkan bertambahnya angka kematian bayi, namun sebagian lagi memperbolehkannya. Sebuah penelitian baru di Inggris menyatakan, konsumsi obat antidepresan oleh bumil tidak meningkatkan risiko kematian bayi.

Obat antidepresan yang biasa diminum antara lain selective serotonin reuptake inhibitors, or SSRIs, termasuk fluoxetine (bernama pasar Prozac) dan citalopram (Celexa). Dikatakan penelitian sebelumnya bahwa obat-obat ini dapat menimbulkan masalah paru-paru pada bayi, dan menyebabkan janin mati dalam kandungan usia 20 minggu, namun penyebabnya masih belum jelas.

Sedangkan studi baru ini mendukung agar jika bumil membutuhkan, maka tetaplah mengonsumsi obat antidepresan. Karena apabila dihentikan, depresi yang tidak diobati maka akan berdampak lebih buruk pada kesehatan janin.

Olof Stephansson, peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm beserta koleganya meneliti hubungan antara catatan bayi yang lahir di Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia yaitu sebanyak 1,6 juta kelahiran selama tahun 1996-2007 serta obat yang dikonsumsi ibu di sekitar waktu kehamilan. Dari total lebih dari 29.000 bumil, hanya mendekati 2 persen yang mengonsumsi obat antidepresan selama kehamilan.

Dalam Journal of American Medical Association, tim peneliti melaporkan bahwa secara keseluruhan, antara tiga sampai empat bayi dari setiap 1.000 kelahiran mati sejak dalam kandungan. Selain itu, sekitar dua dari 1.000 bayi meninggal dalam usia empat minggu setelah kelahiran dan satu dari 1.000 bayi meninggal dalam usia antara satu dan 12 bulan.

Menariknya, penyebab kematian bayi akibat ibunya mengonsumsi obat antidepresan tidak lebih banyak daripada yang ibunya mengonsumsi alkohol ataupun merokok.

Meskipun studi ini menunjukkan bahwa obat antidepresan memiliki risiko kecil dalam meningkatkan angka kematian bayi, para ibu hamil juga perlu waspada dalam mengonsumsinya. "Anda sebaiknya mengonsumsi dosis yang terendah yang masih mungkin, dan jangan hentikan pengobatan jika memang butuh," pungkas Stephansson.

Semoga tulisan atau artikel Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil? yang dibuat Kami,bermanfaat bagi anda semua,jangan kapok untuk membaca artikel selanjutnya, maaf apabila artikel Obat Antidepresan Amankah untuk Ibu Hamil? banyak kekurang dan kesalahan baik Kata dalam tulisan maupun bahasan artikel ,maklum dalam tahap belajar , salam sukses , dan terima kasih dari Java's Group dan Team blog Hari Yang Cerah

0 comments:

Post a Comment