.

Wednesday, September 11, 2013

Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal

Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal, Informasi Tentang Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal, Kali ini sebuah artikel dari Kami yang berjudul Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal, khusus buat Sahabat netter seluruh dunia, Salam jumpa semoga anda semua dalam keadaan sehat dan selamat datang di blog  saya  anda ingin mengetahui Informasi dan berita serta tulisan artikel tentang Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal, dari "Java's Group".  Mungkin artikel ini bisa menambah pengetahuan anda, kami  mengambil  bahan kajian dari berbagai sumber dan litelatur , buku-buku, berita,Informasi,tulisan dan pengalaman kami  yang berhubungan dengan Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal serta inspirasi dari kami sendiri.

Jika diabetes tidak dikendalikan dengan baik, lama kelamaan akan terjadi berbagai gangguan pada organ tubuh, terutama ginjal. Mencegah terjadinya gagal ginjal bahkan disebut sebagai kunci panjang usia pasien diabetes.

Tugas ginjal adalah membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolik sisa metabolisme tubuh. Untuk melaksanakan fungsi itu, ginjal dilengkapi dengan kumparan pembuluh darah halus yang disebut glomerulus, serupa dengan filter kecil.

Jika ginjal tidak bisa berfungsi baik, zat-zat sisa tadi tak dapat dikeluarkan dengan sempurna. Hasilnya, zat-zat sisa akan menumpuk dan meracuni tubuh.

Menurut para peneliti dari The University of Washington menderita penyakit ginjal berarti meningkatnya risiko kematian pasien diabetes.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology yang mengamati usia harapan hidup 15.000 pasien dalam periode 10 tahun menemukan, penyakit ginjal ditemukan pada 42,3 persen pasien diabetes (diabetesi).

Selain itu 7,7 persen pasien ginjal yang bukan diabetesi meninggal pada periode penelitian. Risiko itu meningkat menjadi 11,5 persen pada diabetesi, tetapi tidak menderita penyakit ginjal. Sedangkan pada diabetesi yang punya penyakit ginjal risiko kematiannya naik sampai 31,1 persen.

"Orang yang menderita diabetes melitus punya faktor risiko penyakit kardiovaskular dan kematian, sehingga penyakit ginjal termasuk dalam mayoritas penyebab kematian," kata Dr.Maryam Afkarian, ketua peneliti.

Untuk mencegah kematian tersebut, ia menyarankan agar pasien diabetes berusaha lebih keras mencegah penyakit ginjal atau melakukan terapi yang intensif.

Menurut Cathy Moulton, penasehat dari Diabetes UK, jika dideteksi sejak awal, penyakit ginjal diabetik bisa dikendalikan menggunakan obat-obatan hipertensi.

Untuk melihat kondisi kesehatan ginjal, disarankan melakukan tes darah atau mengecek kadar kolesterol secara rutin.

Semoga tulisan atau artikel Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal yang dibuat Kami,bermanfaat bagi anda semua,jangan kapok untuk membaca artikel selanjutnya, maaf apabila artikel  Diabetes Bisa Berujung Gagal Ginjal banyak kekurang dan kesalahan baik Kata dalam tulisan maupun bahasan artikel ,maklum dalam tahap belajar , salam sukses , dan terima kasih dari Java's Group dan Team blog Hari Yang Cerah

No comments:

Post a Comment